Suzuki Shogun 125 SP
Spesifikasi:
Dimensi:
Panjang keseluruhan : 1.911mm
Lebar keseluruhan : 705 mm
Tinggi keseluruhan : 1.072 mm
Jarak antara as roda : 1.240 mm
Jarak mesin ke tanah : 146 mm
Berat kendaraan : 99 kg
Tinggi tempat duduk : 755 mm
Mesin:
Jenis : 4 langkah, SOHC
Sistem pendinginan : Pendingin udara
Jumlah silinder : 1 (satu)
Diameter silinder : 53,5 mm
Langkah piston : 55,2
Kapasitas silinder : 124,1 cc
Perbandingan kompresi : 9,5 : 1
Daya maksimum : 10,8 Ps / 8000 rpm
Torsi maksimum : 1,1 Kg-m / 6500 rpm
Karburator : Mikuni VM 18 SS
Saringan udara : Elemen kertas
Sistem starter : Engkol
Sistem pelumasan : SALCS (Suzuki Advanced Lubrication and Cooling System)
Transmisi:
Kopling : Manual plat majemuk tipe basah
Transmisi : 4 percepatan
Arah perpindahan gerak : 1 ke bawah, 3 keatas
Rantai penggerak : 100 mata
Rangka:
Rangka : Under bone
Suspensi depan : Teleskopik, per spiral, peredaman oli
Suspensi belakang : Lengan ayun, per spiral, peredam oli
Sudut setir : 45° (kanan dan kiri)
Rem Depan : Cakram, hidrolis
Rem belakang : Cakram, hidrolis
Ukuran ban depan : 70 / 90 – 17 M/C 38P
Ukuran ban belakang : 80 / 90 – 17 M/C 44P
Sistem Listrik:
Sistem pengapian : Suzuki DC-CDI (digital)
Busi : NGK C 6 HS / ND U20FS-U
Accu : 12V (2,5 Ah) / 10 Hour
Kapasitas:
Tangki bahan bakar : 4,5 L
Tangki oli mesin
-Penggantian : 800 ml
-Pembongkaran : 1000 ml
Sumber: Brosur Suzuki Shogun 125
Spesifikasi pribadi:
-Ban : Lungsuran CBR 150 R
Depan : IRC eagle grip, 80 / 90 – 17 M/C 44P (Tubeless)
Belakang : IRC eagle grip, 100 / 80 – 17 M/C 52P (Tubeless)
- Filter udara : Dilepas
Suzuki Shogun 125 SP 2006
H 6898 BL
Motor yang paling mendekati sempurna dalam pandangan gw dalam kelas bebek selain Honda Supra Fit S. Kenapa gw gak pilih Honda aja?? Karena sejatinya ini motor untuk riset gw, karena dikampus cuma diberi ilmu teoritis aja dan hubungannya sebagian besar merupakan manufaktur. Balik kenapa gak memilih Honda, karena:
- Tampang udah oke, gak perlu modif lagi.
- Harga second-nya jatuh (gw beli second hand).
- Dengan umur kira-kira setahun masih dapat yang bagus.
- Well, belum ada Sonic RS125 CKD plus sangat murah… Kalau ada sih jelas langsung meminang Sonic..
Untuk pilihan Jupiter atau Vega? Gw Cuma suka mesinnya kalau udah dibore-up jadi 125cc (sebetulnya gw ada rencana bwt bikin jadi Shogun130SP.. Hehehe….). Tapi untuk sementara ini aja cukup..
Ni motor sih belum ada 4 bulan ditangan gw, dulu pas beli masalah utama adalah “mberebet”. Gigi 1-2-3-4 alias di semua percepatan. Biasa, paling setelan udara.. Gw setel sendiri malah kacau, sempet ketemu yang lumayan, tapi habis itu gw setel lagi.. Malah tambah hancur… Gw liat filter udaranya, udah kotor… langsung ganti… Masih “mberebet”. Malah nambah masalah yaitu kalo belok pasti ngegas sendiri, akhirnya ganti kabel gas, gw bandingin sih ada 3mm beda panjang.. Itu mah banyak Banget!! Pantes aja mau ditaruh disana kek, disini kek tetep aja ngegas sendiri kalo belok… Terus cek akinya, mati… Distroom di rumah sesuai petunjuk… Nyala, gak lama lagi mati… Langsung ganti (nyatanya mahal juga lo akinya…).
Karena gw udah “enek” nyetel gak ketemu2 yang enak, akhirnya bawa ke bengkel deket rumah. Setelah disetelin, okelah… Walaupun masih agak “mberebet”. Gak puas, bawa kebengkel Suzuki.. Servis sekalian ganti oli en filter oli… Habis servis gw bawa keliling kota. Gigi 1-2 oke, bisa sampai 60kpj… Gigi 3-4 “mberebet”.. Buset dah!! Mberebet kok Cuma gigi 3 sama 4 (gigi 2 sedikit banget), kalo gini sumbernya gak bisa ditebak.. Besoknya gw bawa servis lagi (gratis kok…), akhirnya (setelah menunggu agak lama, kira2 1jam… Lebih lama daripada waktu yang dibutuhkan untuk 1 motor servis) solusinya adalah dilepas filter udara… Udah seminggu ini normal (lagi tes irit2an nih..).
Kalo tesis gw sih karena ada semacam “gap” disisi sayap kanan motor yaitu pada lubang kunci dan pemasangan bodi yang tidak bisa pas… Waktu kecepatan diatas 60kpj, angin yang melewati sayap menjadi bertekanan rendah. Nah tekanan itu pas berada di lubang masuk filter udara sebelah kanan. Saat filter dilepas, hisapan udara menjadi lebih kuat… Jadinya “mberebet” hilang.. Resikonya (lepas filter) sih kecepatan rendah menjadi tidak enak karena campuran jadi terlalu miskin.
Ternyata sehari setelah motor jadi normal. Baut penahan kabel koplingnya lepas. Buset dah, untuk hari pertama gw pasang sendiri sekalian nyetel sendiri karena setelan dari mekanik Suzuki sangatlah pendek alias kepanjangan “spelleng” (jarak main bebas).. Bener2 memusingkan menyetelnya. Setelah 1 malam memikirkannya akhirnya gw mengerti mekanismenya.. Setelah mencoba lagi, belum bisa juga gw… Masih belum jelas, jika gak ada spelengnya motor tidak bisa. Tapi kalo ada spelengnya jaraknya terlalu pendek, menetralkan susah, bahkan jika kopling ditarik maksimal roda masih berputar, jika digas walaupun sudah menarik kopling maksimal roda belakang akan ikut berputar kencang (sekali!!). Setelah berpusing-pusing ria semalaman.. Gw nyetel lagi hari berikutnya.. Dapet!! Yes… Walaupun kasus yang roda ikut berputar walaupun dikopling full masih ada.. Tapi untuk menetralkan sudah enak..
Akhirnya gw ngerti kenapa temen2 gw yang punya Suzuki (satriaF, Satria 2tak jenis terbaru, Satria 2 tak lama) koplingnya sangat pendek… Yah, resikonya kampas kopling cepet aus kalo lama2 masuk gigi diem plus geber2.. Dan gigi rasio cepet rontok. Tapi toh 95% kita riding adalah perjalanan normal (kecuali macet tentunya). Jadi tidak sedramatis itu lah… BTW, mesin shogun itu halus banget ya?? Padahal kilometer lumayan tinggi…
Untuk masalah body sih, banyak banget minusnya.. Slebor depan udah dilubangin untuk menceperkan tunggangan, sepertinya udah pernah jatuh lalu dipylok sekenanya, jok ada bolong kecil, minus tool box, spion shogun biasa. Masalah spion udah beli spion khusus SP… Lama banget, nunggu 2,5 minggu baru ada (pesen tentunya)…
Masalah kaki2 ini yang membuat gw merasa paling beruntung. Pertama masuk ke showroom motor second (setelah mencari di sekitar 10 showroom), ada ni motor.. Overall masih oke.. Setelah gw cek velg belakangnya, eh kok peyang (banget).. Terus masnya bilang, udah ganti aja sama kaki motor yang itu (sambil nunjuk shogunSP lain yang terondolan, kayaknya bekas untuk balapan liar), gw cek velgnya.. Hum, masih okelah.. Akhirnya beli juga deh motor bwt riset gw…
17 Agustus 2007
Lagi tes irit2an nih. Kemaren (sekitar 3 hari yang lalu) diisi Rp 15.000,- premium, diisi sampai full. Sekarang sih udah mencatai 87 km baru satu strip turun… Tapi jangan seneng2 dulu, biasanya habis itu turunnya dramatis (bukan drastis aja)… Makanya bener2 nunggu sampai mengisi Rp 15.000,- berikutnya. Untungnya sih tangki Shogun SP gak ada yang aneh seperti di tangki Honda Tiger. Kalo di Honda Tiger ada semacam “kotak” putih, mungkin fungsinya untuk reserve bensin. Dari full sampai 70% akan lama turunnya, tapi kalau sudah 70% akan cepat sekali penurunan indikatornya (bukan berarti boros lo…).. Kira2 sampai 35% baru kembali lambat jarum indicator bensinnya… Masalah tangki CBR sih gak ada reserve, jadi gak mengalami seperti itu…
Last word, motor ini udah dijual 1 tahun yang lalu.. Project berindah ke CBR150.
Post a Comment