Perbedaan Antara Linux Dan Windows

Perbedaan Antara Linux Dan Windows


Linux merupakan sistem operasi yang terbuka (open source). Artinya linux adalah sebuah sistem operasi yang GRATIS dan boleh dikembangkan oleh siapa saja. Sedangkan Windows, merupakan sistem operasi yang tertutup (komersial). Artinya, kalau kita mau pakai Sistem Operasi Windows, kita harus membeli lisensi dulu dari Microsoft (Perusahaan yang membuatnya) dan Windows tidak boleh dikembangkan oleh orang lain. Karena dia tidak meng-gratiskan sistem operasi dia. Karena linux merupakan sistem operasi yang terbuka, banyak orang yang mengembangkan linux. Sampai sekarang ada banyak macam – macam linux. Macam-macam linux itu disebut dengan “Distro”. Ada Distro linux yang namanya Debian, Suse, Redhat, Mandrake, Fedora, dan lain-lain. Mengapa banyak Distro? Karena yang mengembangkannya bukan satu orang atau perusahaan saja. Jadi nama dari distro juga sesuai keinginan yang membuatnya. Windows itu memang berbeda dengan linux. Dia juga banyak versinya. Ada Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows ME, Windows XP, yang terbaru sekarang ini adalah Windows Vista. Tapi, macam-macam windows itu disebut Versi. Karena dia itu mengembangkan sistem operasi tersebut hanya satu perusahaan saja yaitu Microsoft


Berikut ini adalah contoh perintah Command Prompt Windows & Command Line Linux


No. Perintah di Linux Perintah di Windows Fungsi
1. Ls Dir Memunculkan Direktori
2. Cd Cd Pindah direktori
3. Cp Copy Untuk menyalin file
4. Find Find Mencari file
5. Mkdir Md Membuat direktori baru
6. Mv Move Memindahkan file atau folder
7. Rm Del Menghapus file
8. Rmdir Rd Menghapus Direktori
9. cat namafile.txt | lpr Print Mencetak file
10. Cal Date Menampilkan tanggal dan waktu



Sebelum memahami perbedaan, berikut ini persamaan Linux dan Windows:
Linux dan Windows sama-sama nama untuk sistem operasi "komputer" dan sama-sama punya beberapa jenis atau pilihan, misal Linux Nusantara, BlankOn, Ubuntu, Mandriva, Fedora, openSUSE, Slackware, Debian, Gentoo, Redhat, Mint, dll. Sedanhkan di Windows ada Windows 98, Me, XP, Vista, 7, Server 2008, Mobile, dll. "komputer" itu bisa berupa pc, notebook, smartphone, dll.
Persamaan adanya pilihan/jenis di atas sebenarynya tidak persis sama, karena jenis Windows itu hanya tersedia buatan MS (Microsoft), sedangkan jenis Linux itu bisa buatan beberapa pihak yg berbeda. Tidak ada Windows buatan Indonesia, sedangkan Linux ada yang dibuat Indonesia, misalnya Nusantara dibuat (tepatnya didanai) pemerintah, BlankOn dibuat yayasan dan sebagian komunitas Linux di Indonesia, Ubuntu dibuat perusahaan bernama Canonical yang berpusat di Eropa, Mandriva dibuat perusahaan Mandriva yg berpusat di Perancis, Fedora dibuat komunitas yg didanai RedHat di Amerika, openSUSE dibuat perusahaan Novel di Jerman, dsb.
NB: Mohon maaf kalau ada jenis Windows dan Linux yg belum disebut, bukan maksud saya merendahkan, tapi saya hanya menyebut yg teringat saya saat menulis ini.

Sebelum menulis perbedaan Linux dan Windows yang benar-benar beda, saya sebutkan dulu persamaan yang benar-benar sama, yaitu tampilan Linux dan Windows bisa dibuat sama, misal Start dari pojok kiri bawah, lalu tarik mouse ke atas untuk memilih program. :)
Berikut ini sebagian dari banyak perbedaan yang ada:
  1. CD Linux (misalnya BlankOn) berisi tidak hanya sistem operasi, tapi juga program office (word, spreadsheet, presentation, database), photo editor, program untuk menggambar, program akuntasi, program manajemen projek, dsb. Sedangkan CD Windows hanya berisi sistem operasi, sehingga kalau mau office harus cari CD office, mau mengdit foto harus cari CD photoshop (misalnya), mau menggambar haru cari CD CorelDraw (misalnya), mau program akuntansi harus cari CD Zahir (misalnya), mau project management harus cari CD MS Project, dsb.
  2. Linux (relatif) lebih aman dari virus, bahkan boleh dikatakan bebas dari virus Windows. Virus Linux ada tapi tidak berkembang.
  3. Linux "bebas" dicopy, digunakan, dijual, disewakan, dijadikan sarana amal dengan membagi gratis CD Linux, dsb. Sedangkan Windows tidak boleh dicopy, tidak boleh digunakan, tidak boleh disewakan, tidak boleh dijadikan sarana amal dengan membagi CD, dsb. jika tidak dapat izin dari pembuat (MS). Biasanya izin itu dalam bentuk membeli surat izin alias lisensi yang harga surat izin semua program yang saya sebut di atas hampir sama atau lebih mahal dari harga komputernya.
Catatan terkait perbedaan nomor 3:
Menurut ahli agama di seluruh dunia, termasuk Indonesia, melanggar aturan perizinan seperti di atas adalah perbuatan aniaya (mengambil hak orang tanpa izin) sehingga dilarang oleh Tuhan Sang Pencipta kita manusia. Sebaliknya, membagikan Linux itu perbuatan mulia karena membantu mewujudkan keinginan pembuatnya dan membantu sesama manusia. Survey membuktikan, berbagi atau membantu sesama membuat hidup kita lebih bahagia. 
Share this post :

+ comments + 2 comments

June 28, 2013 at 5:03 PM

ok.

Anonymous
April 25, 2018 at 10:05 PM

banyak sekali ya yang membedakannya...
solder uap

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2016. - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger