Hiu Paus Terdampar Karena Disorientasi

Hiu Paus Terdampar Karena Disorientasi


Hiu paus (whale shark) yang terdampar di Pantai Baru, Pandansimo, Bantul, Yogyakarta, diduga mengalami disorientasi dan terpisah dari kawananannya. Sebab, hiu paus atau biasa disebut hiu tutul biasanya hidup di lautan lepas.

Demikian diungkapkan Dessy Zahara Angelina, Program Manajer AFJ, Kamis (2/8/2012) pagi, di Pantai Baru Pandansimo, Bantul.

"Sebelumnya, di Pantai Samas, petugas SAR juga sempat melihat hiu sejenis berjumlah tujuh sampai sembilan ekor yang sedang melintas. Kemungkinan, satu ekor hiu paus yang mati ini terpisah dari rombongannya," ujarnya.

Menurut Angelina, beberapa hiu paus cenderung hidup soliter. Namun, ada kalanya mereka juga bersama-sama dengan kelompoknya.

Seperti diberitakan, Rabu petang kemarin, seekor hiu tutul dengan panjang 13 meter, lebar 3,83 meter, dengan bobot sekitar 2 ton terdampar di Pantai Baru, Pandansimo. Hiu tersebut sempat diikat ekornya oleh warga, tetapi tak mampu bertahan dan akhirnya mati.

Ridwan, relawan AFJ, mengatakan, hiu paus tersebut awalnya berada 20-50 meter dari pantai. "Hiu sempat berusaha kembali ke tengah lautan, tetapi lemas dan tak mampu melawan arus," ucapnya.

Beberapa saat kemudian, warga setempat ada yang mengikat ekor hiu dan menariknya ke pantai untuk diambil siripnya. Karena berada di daratan, hiu tersebut semakin lemas dan akhirnya mati.

"Pukul 22.00 tadi malam, kami sempat bersitegang dengan warga agar mereka melepaskan tali di ekor hiu. Setelah kami memanggil pemuka adat setempat, warga lalu melepaskan ikatan. Namun, karena hiu paus adalah jenis spesies ikan, ketika tidak berada di air dia akan cepat mati. Kondisinya beda dengan paus yang bernapas dengan paru-paru dan bisa bertahan beberapa saat di daratan," papar Angelina. (kompas.com)
Share this post :

+ comments + 1 comments

June 4, 2018 at 1:10 AM

biarpun ganas, klo sudah terdampar kasihan juga ya gan
solder uap

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2016. - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger